Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

Ilmu Kesehatan Masyarakat_Dinamika Sosial


II. DINAMIKA SOSIAL
Dinamika : kekuatan, gerak, atau semangat/ berkembang dan menyesuaikan diri secara memadai terhadap keadaan.
Kelompok Sosial : kumpulan yang terdiri dari 2 orang/ lebih yang saling berinteraksi   untuk mencapai tujuan bersama, interaksi tersebut bersifat tetap dan memiliki struktur tertentu. (W. S. Duncan)
Dinamika Kelompok :analisis hubungan kelompok sosial yang berdasarkan prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok adalah hasil interaksi yang dinamis antara individu dalam situasi sosial.(F. D. Ruch)
                                       Suatu kumpulan 2 atau lebih individu dimana perubahan individu satu dapat mempengaruhi individu lain.
(Drs. Soelaiman Joesoyf,1983)
Kelompok : kumpulan orang-orang yang merupakan kesatuan sosial yang mengadakan interaksi yang intensif dan mempunyai tujuan bersama.
                     Suatu unit yang terdapat beberapa individu yang mempunyai kemampuan untuk berbuat dengan cara dan atas dasar kesatuan persepsi.
#  kelompok sosial sebagai wahana kehidupan manusia
·         Unsur Kelompok Sosial
ü  Ada 2 orang atau lebih
ü  Ada interaksi yang teratur diantara mereka
ü  Ada tujuan yang disepakati bersama
ü  Ada kesadaran bahwa mereka merupakan bagian dari kelompok
ü  Ada struktur tertentu yang mengatur masing-masing bagian dari kelompok dalam mencapai tujuan bersama
·         Fungsi Dinamika Sosial
ü  Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup
ü  Memudahkan segala pekerjaan
ü  Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat

INTERAKSI SOSIAL
1.      Pengertian
Interaksi Sosial adalah hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan antara orang-perorangan, antar kelompok manusia, maupun antara orang dengan kelompok manusia.
Interaksi Sosial dibagi 3(tiga):
·         Individu-Individu
·         Individu-Kelompok
·         Kelompok-Kelompok
2.      Dasar-dasar Interaksi Sosial
a.       Imitasi(meniru)
Proses dimana suatu individu meniru/ mencontoh prilaku individu lainnya.
Keuntungan Imitasi:
§  Dengan meniru dapat diperoleh kecakapan yang cepat
§  Dapat mendorong individu/kelompok untuk mengajarkan sesuatu dan tidak tinggal diam berpaku tangan
b.      Sugesti
Suatu proses dimana suatu individu/ kelompok mengimbaskan pandangan dan sikapnya yang kemudian diterima begitu saja tanpa dipikirkan oleh individu lain.
c.       Identifikasi
Proses dimana seseorang individu berkeinginan untuk menjadi sama dengan individu lain.
d.      Simpati
Suatu proses dimana seorang individu tertarik kepada individu lain dalam situasi sosial. Simpati dibagi 2(dua) :
§  Simpati yang memberikan respon cepat
§  Simpati yang bersifat intelektual
3.      Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
a.       Kerja sama(co-operation)
Suatu bentuk Interaksi Sosial dimana 2 orang atau lebih melaksanakan usaha secara terkoordinir untuk mencapai tujuan bersama.
b.      Persaingan(competition)
Bentuk Interaksi Sosial dimana keberhasilan Individu yang satu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan keberhasilan Individu yang lain.
c.       Pertentangan(conflict)
Interaksi Sosial dimana keberhasilan Individu atau kelompok yang satu diperoleh dengan menghancurkan Individu yang berselisih antar kelas sosial.
d.      Persesuaian(accomodation)
Bentuk Interaksi Sosial dimana kedua belah pihak mengadakan kompromi untuk menghentikan pertentangan.

III. KOMUNIKASI
Definisi : - Siapa
-    Media
-    Isi
-    Kepada siapa
-    Efek
Komunikasi : suatu proses penyampaian pesan dengan atau melalui media/saluran tertentu dengan tujuan terjadinya persamaan makna sehingga menimbulkan perubhan tingkah laku si penerima pesan (komunikan).

Unsur-unsur Komunikasi
-          Sumber/pemberi pesan
-          Isi/ide
-          Media/sarana/saluran
-          Si penerima pesan (komunikan)

Proses Komunikasi dari komunikator
-          Merumuskan pesan
-          Merubah pesan menjadi lambang
-          Mengirimkan lambang melalui media

Proses Komunikasi pada Komunikan
-          Menerima Lambang
-          Lambang diterjemahkan lagi menjadi isi pesan(decoding)
-          Pesan dipahami dan dilaksanakan (feed back)

Dasar-dasar Komunikasi
v  Niat (intention) =>  apa yang akan disampaikan, siapa yang menjadi sasaran, apa tujuan yang akan dicapai, bagaimana melaksanakannya, kapan akan dilaksanakan, dimana akan dilaksanakannya.
v  Minat => keadaan komunikator, isi pesan yang disampaikan, cara penyampaian, kedaan komunikan.
v  Tanggap => makna dari info yang disampaikan oleh kmunikator dapat diserap dan dipahami dengan benar atau tidak oleh komunikan.
v  Lekat(retention)
Ada 3(tiga) hal yang menyebabkan pesan menjadi tidak menarik dan mudah dilupakan :
ü  Karena alasan yang bersifat psikologis
ü  Karena info sudah lama tidak digunakan
ü  Adanya info baru
v  Libat/partsipasi=> sebagai hasil akhir komunikasi yang dilaksanakan, kita mengharapkan adanya pertisipasai dari Komunikan berupa perubahantingkah laku sesuai dengan yang diinginkan Komunikator.

Jenis-jenis Komunikasi
1.      Berdasarkan cara penyampaiannya:
a.       Secara langsung
b.      Secara tidak langsung
2.      Berdasarkan Pola :
a.       Lingkaran, misalnya: diskusi
b.      Garis lurus, misalnya: atasan ke bawahan
c.       Menyebar, misalnya: ceramah
d.      Berantai, misalnya: desas-desus,gosip
3.      Berdasarkan jumlah sasaran
a.       Komunikasi Perorangan, misalnya: interview
b.      Komunikasi Kelompok, misalnya: seminar
c.       Komunikasi massal, misalnya: komunikannya banyak dan heterogen
4.      Berdasarkan arahnya
a.       Komunikasi 1(satu) arah, misalnya: koran
b.      Komunikasi 2(dua) arah, misalnya: dialog
5.      Berdasarkan sifatnya
a.       Informatif=> penyampaian info=> koran
b.      Persuasif=> penyuluhan=> untuk mengajak
c.       Coersif =>pemeberian Informasi yang bila dilanggar akan diberikan sangsi, contoh: peraturan menyalakan lampu utama kendaraan roda dua pada siang hari.

Hambatan Komunikasi
1.      Bersifat Objektif
a.       Gangguan pada sistem peralatan
b.      Situasi tidak mendukung
2.      Bersifat subjektif => berasal dari komunikator
a.       Tidak menggunakan kata/bahasa yang tepat
b.      Lambang telah mengalami banyak perubahan
c.       Teknik penyampaian monoton
d.      Penampilan komunikator kurang baik
3.      Berasal dari Komunikan
a.       Latar belakang Komunikan
b.      Kurang atau tidak adanya motivasi Komunikan
c.       Adanya prasangka negatif terhadap komunikator
d.      Adanya jarak antara Komunikan dan Komunikator
Umpan Balik Verbal adalah respon dalam bentuk kata
Umpan balik nol/zero adalah tidak adanya respon
Umpan balik Netral adalah komunikan mengerti tapi tanggapan tidak sesuai

2 komentar: